Pengikut

Sabtu, 12 September 2015

Model Bisnis eCommerce

Definisi Model Bisnis

          Method of doing business by which a company can sustain itself – that is generated revenue.” Michael Rappa
          Revenue model: description of how the company or an EC project will earn revenue
          Sales
          Transaction fees
          Subscription fees
          Advertising
          Affiliate fees
          Other revenue sources
          Value proposition: The benefits a company can derive from using EC
          search and transaction cost efficiency
          complementarities
          lock-in
          novelty
          aggregation and interfirm collaboration

Jenis Model Bisnis eCommerce
          Menurut Michael Rappa, model bisnis dalam eCommerce dibagi menjadi :
          Brokerage      Advertising              Infomediary
          Merchant       Manufacturer           Affiliate
          Community    Subscription             Utility
          Pada sebuah strategi situs web terkadang kombinasi antar beberapa model bisnis digunakan untuk menghasilkan keuntungan bagi organisasi.
          Brokerage
          Membawa pembeli dan penjual pada satu tempat yang sama dan menjadi fasilitator transaksi.
          Model penghasilannya terutama dari biaya persen per transaksi yang terjadi.
          Advertising
          Merupakan pengembangan dari model broadcasting (penyiaran) tradisional.
          Dalam hal ini yang menjadi broadcaster (penyiar) adalah situs web yang menyediakan content (isi) dan services (layanan) dikombinasikan dengan advertising message (iklan) yang terletak di banner.
          Model penghasilannya terutama dari biaya pemasangan banner.
          Model ini hanya bisa berjalan apabila traffic dari situs web broadcaster (penyiar) cukup besar / sering dikunjungi.
          Infomediary
          Data mengenai pembeli dan kebiasaan membeli mereka sangat penting, data tersebut kemudian digunakan sebagai bahan analisis.
          Hasil analisis tersebut dijual ke pihak ketiga yang memerlukan.
          Merchant
          Model bisnis ini merupakan bentuk elektronis dari penjualan barang secara grosir maupun eceran (retail).
          Penjualan bisa melalui harga yang ada maupun melalui lelang
          Manufacturer
          Perusahaan brick and mortar, yang sudah mempunyai basis industri sendiri, membuat web untuk beberapa tujuan :
          Memperpendek rantai distribusi produk dengan akses langsung ke pemakai
          Meningkatkan pelayanan dan mengetahui kebutuhan pelangan secara langsung
          Affilite
          Model bisnis yang memungkin afiliasi antar situs web eCommerce untuk melakukan promosi / penjualan di Internet
          Community
          Berbasiskan pada kepuasan pengunjung situs, pada beberapa kasus pengunjung merupakan penyumbang isi dan pendapatan dari situs web tersebut.
          Subscription
          Pengunjung membayarkan sejumlah uang pada saat akan mengakses situs tersebut. Isi dari situs tersebut merupakan informasi yang bernilai tinggi.
          Pengunjung dikenakan biaya berdasarkan dengan banyaknya fasilitas yang diakses pada situs web tersebut. Umumnya situs web untuk payment gateway untuk kartu kredit

          Two major types of e-commerce:
        business-to-consumer (B2C) : online transactions are made between businesses and individual consumers
        business-to-business (B2B): businesses make online transactions with other businesses

intrabusiness EC: EC conducted inside an organization (e.g., business-to-employees B2E)
          Computer environments
        Internet: global networked environment
        Intranet: a corporate or government network that uses Internet tools, such as Web browsers, and Internet protocols
        Extranet: a network that uses the Internet to link multiple intranets
          Computer environments
        Internet: global networked environment
        Intranet: a corporate or government network that uses Internet tools, such as Web browsers, and Internet protocols
        Extranet: a network that uses the Internet to link multiple intranets

EC Framework
          EC applications are supported by infrastructure and by five support areas:
        People
        Public policy
        Marketing and advertising
        Support services
        Business partnerships
Classification of EC by Transactions or Interactions
          business-to-consumer (B2C) : online transactions are made between businesses and individual consumers
          business-to-business (B2B): businesses make online transactions with other businesses
          e-tailing: online retailing, usually B2C





E-Commerce and Industry Structure


Tidak ada komentar:

Posting Komentar