Pengikut

Sabtu, 12 September 2015

Bahan Ajar E-Commerce - kuliah 1

Definsi eCommerce
       eCommerce dapat didefinisikan dari beberapa perspektif:
      Komunikasi: penyampaian barang, jasa, layanan, informasi atau pembayaran melalui jaringan komputer atau perangkat elektronik lainnya
      Komersial (perdagangan): kemampuan untuk membeli dan menjual produk, jasa, layanan dan informasi di internet dan melalui layanan pembayaran online lainnya
      Proses bisnis: melakukan bisnis melalui jaringan elektronik dengan menggunakan informasi sebagai pengganti proses bisnis secara fisik
      Layanan: sebuah alat bagi pemerintah, perusahaan, konsumen dan manajemen untuk mengurangi biaya layanan, meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan mempercepat penyampaian layanan
      Pembelajaran: memungkinkan pembelajaran secara online pada sekolah, universitas dan organisasi lain (termasuk bisnis)
      Kolaborasi: kerangka kerja bagi kolaborasi inter dan intra organisasi
      Komunitas: penyediaan “tempat berkumpul bagi anggota komunitas untuk belajar, bertransaksi dan berkolaborasi
       eCommerce: pertukaran antar pihak – pihak (individu maupun organisasi) dengan perantaraan teknologi yang difasilitasi dengan aktivitas intra dan inter organisasi secara elektronik

Kerangka Kerja eCommerce
       Penerapan eCommerce didukung oleh infrastruktur dan 5 (lima) area pendukung:
      Manusia (people)
      Kebijakan publik (public policy)
      Pemasaran dan iklan (marketing and advertising)
      Dukungan layanan (support services)
      Rekanan bisnis (business partnerships)



Kategori eCommerce


Keuntungan eCommerce
       Keuntungan bagi organisasi / perusahaan:
      Jangkauan global
      Pengurangan biaya
      Perbaikan rantai pasokan
      Perpanjangan waktu layanan: 24/7/365
      Customization
      Time-to-market yang cepat
      Biaya komunikasi yang lebih murah
      Proses pembelian yang lebih efisien
      Peningkatan relasi pelanggan
      Informasi perusahaan yang mutakhir (up-to-date)
       Keuntungan bagi pelanggan:
      Dapat berada dibeberapa “tempat” sekaligus
      Lebih banyak produk dan jasa
      Harga produk dan jasa lebih murah
      Pengiriman yang lebih cepat
      Ketersediaan informasi
      Komunitas elektronik / maya
      Di beberapa negara tidak dikenakan pajak penjualan
       Keuntungan bagi masyarakat:
      Telecommuting
      Meningkatkan standard hidup
      Ketersediaan layanan publik

Keterbatasan eCommerce
       Keterbatasan teknis:
      Belum adanya standard kualitas, keamanan dan kehandalan yang diterima secara global
      Keterbatasan bandwith telekomunikasi
      Kesulitan integrasi aplikasi eCommerce dengan legacy systems
      Biaya akses (internet) yang masih relatif mahal
      Kebutuhan Web server atau infrastruktur lain yang bersifat khusus / istimewa
       Keterbatasan non–teknis:
      Biaya dan justifikasi
      Keamanan dan privasi (kebebasan pribadi / privacy)
      Penolakan dan ketidak–percayaan pengguna
      Keterbatasan “touch and feel” secara online

Hambatan pada eCommerce
       Keamanan
       Kepercayaan dan resiko
       Kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas
       Kurangnya model bisnis
       Budaya
       Organisasi
       Kejahatan (fraud)
       Akses internet yang lambat
       Legalitas dan hukum

Tantangan eCommerce di Indonesia
       Infrastruktur telekomunikasi masih tertinggal
       Biaya pulsa telepon yang mahal
       Jangkauan ISP masih terbatas
       Harga hardware komputer yang mahal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar