Pengikut

Jumat, 11 September 2015

MATAKULIAH KEWIRAUSAHAAN

Kewirausahaan : bisnis / dagang / ide untuk usaha barang / product baru yang diciptakan dari peluang.
Wirasuwasta  : contoh dagang barang yang sudah ada barang nya .
Wira > berani , usaha > bisnis .
Definisi :
Menurut  Thomas Rimmerer  : orang yang menciptakan bisnis baru dengan mengambil risik dan ketidak pastian demi mencapai keuntungan dan pertumbuhan dengan cara megidentifikasi peluang dan menggabungkan sumber daya yang diperlukan untuk mendirikanya.
Petter Drucker :Wirausaha tidak untuk mencari risiko tapi untuk mencari peluang
Ilham fahmi : suatu ilmu yang mengkaji tentang pengembangan dan pembangunan semangat kreatifitas serta berani menanggung risiko terhadap pekerjaan yang dilakukan demi mewujudkan hasil karya tsb
Peranan dan fungsi .
Peran :
-          dapat memberikan pengaruh, (Pengaruh semangat / motivasi.  
-          Dapat mendidik anda menjadi orang yang lebih disiplin dan lebih sistematis (teratur).
-          Dapat memberikan inspirasi.
-          Dapat memberikan nilai positif (dpt mengurangi pengangguran)
Karakteristik / cirri-ciri :
-          Berani.
-          Percaya diri.
-          Kepemimpinan.
-          Factor kemampuan.
-          Kreatif.
-          Mempunyai semangat.
-          Efesiensi.
-          Orientasi kedepan.
-          Pintar menganalisis
-          Keterbukaan.
-          Bekerja keras.
Karakteristik Menurut Mc Clelland :
-          Keinginan untuk berprestasi
-          keinginan bertanggung jawab
-          persepsi keberhasilan
-          keterampilan dalam perorganisasian
keuntungan wirausaha :
-          menjadi bos
-          mencapai tujuan sendiri
-          mengaplikasikan kreatifitas
-          keuntungan besar.
-          Menambah jaringan.
Peluang dan Tantangan :
peluang
-          Teknologi akan mempenaruhi informasi.
-          Tingkat kebutuhan : kebutuhan masyarakat yang terus berkembang yang bertambahnya pula kebutuhan
-          Seleksi product : bisa menyesuaikan usaha sesuai lingkungan.
-          Factor lapangan kerja akan semakin luas.

Tantangan :
-          Melakukan inovasi.
-          Kemajuan iptek mempengaruhi konsumen yang lebih selektif.
-          Karakter konsumen.
-          Semakin bertambahnya biaya hidup / kebutuhan akan mempengaruhi terhadap pendapatan / income
RUANG LINGKUP :
-          Bidang Argaris : pertanian.
-          Bidang perikanan
-          Peternakan.
-          Perindustrian.
-          Pertambangan dan energy
-          Perdagangan.
-          Jasa.

MOTIVASI
Pentingnya motivasi dalam berwirausaha,
-          Hierarki kebutuhan maslow (Abraham maslow)
a.     Fisiologi : exp ,lapar > minum
b.    Keamanan : adanya ranya nyaman
c.    Penerimaan orang lain,
1)    Pshlogical needs : kebutuhan dasar manusia
2)    Safety need : keamanan
3)    Social needs : penerimaan orang lain.
4)    Esteam needs : penghargaan
5)    Self actualization : aktualisasi diri , maksudnya prestasi
-          Teori  X dan Y Mc Greggor
Menjelaskan bahwa manusia / karyawan di bagi 2 :
a)    X pekerjaan itu ke hal-hal yang lebih negative ,, exp : malas, tidak ada motivasi yang tinggi, demo dll
b)   Y motivasi yang positif , rasa tanggung jawab yang tinggi, ( berbanding terbalik dg teori X)
-          Motivasi Hezberg
1)    Motivasi factors:
a)    Pemenuhan kebtuhan
b)   Pencapaian pprestasi
c)    Tanggung jawab
d)    penghargaan
2)    Hygiene factors:
Lebih ke lingkungan kerja , exp :budaya prgnsasi, rekan kerja, hubungan tidak harmonis dll.
Motivasi berhubungan dengan :
Kepemimpinan :  memberikan contoh memotivasi
 Produktifitas (  kinerja) : bagaiman perusahaan memberikan motivasi untuk memberikan motivasi agar kinerjanya meningkat.
mentalitas kewirausahaan :

Business plan.
Definisi : suatu langkah kerja yang menjelaskan setiap bagian bisnis yang akan dikerjakan semenjak dari awal hingga akhir
Jangka pendek :  3 – 6 bln., penugasan pekerjaan , pemesanan barang, penjadwalan pekerjaan, penyelesaian produksi.
Jangka menengah: perencanaan penjualan, anggaran produksi, penetapan tingkat tenaga kerja, adanya analisis rencana operasi.
Jangka Panjang : penelitian dan pengembangan (litbang) : litbang SDM, perencanaan product baru, dan perencanaan ekspansi ( peluasan) perusahaan.

Tujuan pembuatan business plan :
-          Merupakan blue print
-          Sebagai alat mencari dana
-          Sebagai Alat komunikasi : bawahan , rekan kerja
-          Sebagai manager.
-          Pengawasan / monitoring
Konsep / model perencanaan keuangan :

1)    Kondisi buruk
2)    Kondisi normal
3)    Kondisi baik/bertumbuh

Tujuan :
-          Memperkecil risioko di masa yang akan dating,
-          Perencanaan harus didasarkan pada konsep target-target atau teoritas yang dibutuhkan.
-          Perencanaan dibuat dan dijalankan dengan benar
-          Perencanaan mampu memberikan kekuatan deteksi kepada berbagai peristiwa.

Fungsi time schedule :
-          Tetap focus
-          Tepat waktu ( ketika pekerjaan dikerjakan tepat waktu dan terjadwal)
-          Quality time
Time schedule – konsep manajemen – prudential principel (prinsip kehati-hatian)
Konsep manajemen (Hubungan / bgaimana manajemen bisa mengelola kuangan )

Contingency plan:
Dimana kita membuat perencanaan cadangan dikala plan pertama tidak goal.

Memilih tempat lokasi :
-          kntor pusat
-          Pabrik
-          Gudang
Sumber tenaga kerja :
-          Lihat dari jumlah ,Tingkat keahlian,Umur, Jenis kelamin
-          Harga / konpensasi
-          Tingkat pengangguuran daerah setempat
-          Tidak terjadinya sering pemogokan / unjuk rasa
-          Tingkat perpindahan penduduk
-          Competitor
-          Pengaruh perbedaan  GRAS.
-          Keamanan / prenalisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar